Masuk

Ingat Saya

ATASI TERORISME DENGAN PANCASILA

OK readers, post ini dan beberapa post ke depan bakal banyak ngebahas Pancasila. Karena menurutku sebenarnya terorisme sangat sangat sangat bertentangan dengan Pancasila.

Kita harus memahami bahwa bangsa bukanlah suatu masyarakat yang berketurunan yang sama (dari satu nenek moyang); bukan pula masyarakat yang mempunyai budaya atau bahasa atau agama yang sama, begitu pula dengan Bangsa Indonesia.

Jadi tentunya Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi.
Ada yang rambutnya lurus, ada yang keriting
Ada yang putih, ada yang sawo matang
Ada yang memeluk agama A, B, C, D, E, F dan beragam kepercayaan lokal lain
Dari berbagai pulau, ada yang leluhurnya dari area atau negara lain, hingga bahasa dan adatnya pun memiliki keunikan masing-masing.

Bangsa Indonesia merupakan satu bangsa, karena timbulnya niat berbagai suku bangsa di Kepulauan Nusantara untuk hidup bersama secara turun temurun sebagai satu bangsa.

Itulah keanekaragaman yang menjadi keindahan Indonesia.
Sesuai dengan semboyan kita “Bhinneka Tunggal Ika” jadi biar kita berbeda-beda, tapi kita adalah saudara satu bangsa.

Oleh karenanya tindakan terorisme tentunya tidak sesuai dengan semangat Pancasila, juga tidak menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika karena para teroris tidak menghargai perbedaan.

Pemahaman Pancasila akan membuat kita terhindar menjadi kelompok ekstremis yang tidak menghargai perbedaan bangsa kita tercinta ini.

Tapi gimana? Apa readers benar-benar sudah memahami Pancasila? Atau jangan-jangan lima sila kebanggaan kita saja tidak hapal?

Maka dari itu aku bakal share Filsafat Pancasila yang aku rangkum dari berbagai sumber internet.

Baca postku selanjutnya ya! 🙂

lidwinahana
Dengan